Bagaimana Bisa Memahami Dengan Cepat Diafragma, Speed, dan ISO untuk Settting Exposure Manual pada Kamera DSLR

Tiga hal minimal yang harus difahami dan dihafal diluar kepala jika ingin menggunakan kamera SLR dalam mode Manual. Kadang ada rasa malu klo ada yang nanya. Tadi ngambilnya pake ISO berapa? Speed berapa? Bukaan berapa?… bukaan disini maksudnya Diafragma (F).

Saya bukan Fotografer Pro, hanya saja setiap motret pake SLR selalu nyaman menggunakan mode Maniual dengan modal memahami 3  unsur ini. Cara pemahamannya pun ya ala saya sendiri, dibuat semudah mungkin. Ini yang harus difahami dan diingat:

1. Shutter SPEED/Kecepatan Rana

ini yang diingat: Speed naik maka semakin gelap, Speed turun maka semakin terang, tapi hati-hati jika speed terlalu rendah maka kemungkinan besar gambar akan blur, apalagi jika memotret benda yg bergerak. Kecuali anda menggunakan tripod. Saran saya jangan turunkan speed dibawah 1/40 untuk memotret tanpa bantuan tripod.

2. DIAFRAGMA/APERTURE/F

ini yang diingat: F naik maka semakin gelap, bukaannya lebih lebar, artinya area ketajaman luas. F turun maka semakin terang, bukaannya menyempit, artinya area ketajaman menyempit. Ini bisa digunakan untuk mendapatkan efek Bokeh. Ketajaman semakin menyempit, maka Bokehnya semakin dapet.

3. ISO

ini yang diingat: ISO naik maka semakin terang, ISO turun maka semakin gelap. Biasanya saya seting ISO dengan melihat situasi cahaya di tempat motret, sebagai gambaran jika motret sore pas matahari sudah mau turun tapi masih terang pake ISO 400, jika motret dibawah terik matahari pake ISO 100, jika motret dalam cahaya minim pake ISO 800 ke atas. Tapi perlu diingat, semakin tinggi ISO maka noise akan semakin muncul, tergantung tipe kameranya juga pada ISO berapa noisenya mulai mengganggu. Tentunya kamera-kamera mahal yang bisa pake ISO diatas 1600 tanpa noise.

4. EXPOSURE

ini hanya indikator bahwa cahaya yang masuk under (kurang), pas, atau over (lebih). Titik di tengah berarti cahaya pas. Nah kombinasikan setingan 1,2,3 agar mendapatkan titik di tengah atau sesuai selera jika ingin under atau over beberapa titik.

Nah, itu saja tips memahami setingan Speed, Aperture dan ISO pada mode manual kamera SLR. Terus terang saya tidak tahu banyak tentang teorinya secara mendalam, saya hanya menghafal 3 poin diatas kemudian dipadukan untuk menghasilkan foto dengan exposure yang pas.

Terimakasih, semoga bermanfaat.